WANITA dan WARISAN


Pembagian Wanita
Menurut Adat Minangkabau

Mengingat pentingnya peranan yang dipegang oleh wanita di dalam dan diluar rumah tangga, maka menurut adat Minangkabau wanita dapat digolongkan kedalam tiga macam.
Kalau syarak mangato adat mamakai, maka syarak mengatakan wanita itu tiang  maka syarak mengatakan wanita itu tiang nagari atau negara; bilamana baik wanita, baik nagari atau negara; dan jika rusak wanita, rusaklah nagari atau negara. Maka secara tajam adat membedakan tiga golongan wanita tersebut, yakni :

a. banamo simarewan,
b. banamo mambang tali awan,
c. banamo parampuan.

1. Simarewan
Oleh adat ialah: Bapaham bagi galah caia, iko elok etan katuju, bak cando pimpiang dilereang, nan bak santano pucuak aru, kamano angin inyo kakiun, alun dijujainyo lah galak, alun diimbau inyolah datang, nan bak balam talampau jinak, sifat bak lipeh tapanggang, umpamo caciang kapanasan. Nan pancaliak bayang-bayang, nan panagak ditapi labuah, lain geleang panokok  asiang kucundang sapih. Tagisia labiah bak kanai, tasingguang, labiah bak jadi.
Kok tumbuah baguah jo laki-laki, banyak galak dari kecek, banyak kucikak jo kucindan, malu jo sopan tak bapakai, erang jo gendeang tak baguno. Bak umpamo katidiang tangga bingkai, bak ibarat payuang tabukak kasau.
Elok baso tak manantu, kecek bak caro mambuka bulua, suko bakato-kato cabuah, mamakai sifat sio-sio, tabiat caba di pakaian, duduak jo tagak nan sopan, katonyo banyak kanan, bukan rundiang banyak bakucikak, galak ibarat gunuang runtuah, tapuang jo sadah tak babeso, baiak dimoko sanak famili, ataupun dimuko urang lain, indak barundiang jo timbangan.
Rundiang nan tidak bapalabeh, taruah bana bak ka tidiang, taserak bana bak anjalai, manyingguang puncak bisuah urang, manjujuang balacan dikapalo, mangali-ngali najih di lubang, hati busuak pikiran hariang, muluik kasa kecek mang gadang, hati diateh langih biru. Ibu-bapak tak babeso, niniak jo mamak tak nan tahu, urang dipandang sarok sajo, nan tuo tidak bahormati, nan ketek nan tidak bakasihi.
Koroang kampuang tak nan jaleh, adat indak baisi, limbago indak batuang, imbau nan indak basahuti, panggilan nan tidak baturuti, urang basutan dihatinyo, urang barajo dimatonyo. Durhaka kapado ibu-bapak, labiah kapado rang tuo-tuo. Artinya wanita yang jauh dari kesopanan dalam setiap tingkah laku.

2. Mambang Tali Awan
Yang dimaksud oleh adat Minangkabau wanita yang disebut mambang tali awan, iyolah tinggi hati. Kalau mangecek samo gadang, atau barundiang kek nan rami, sagalo labiah dari urang, tasambia juo bapak si buyuang, basabuik juo bapak si upiak, nan sagalo labiah dari urang, baiak tantang pambalinyo, atau tantang kasiah sayangnyo.
Siang jo malam jarang dirumah, naiak rumah turun rumah, etan karumah tanggo lain, suko mangecek jo maota, tantang baiak buruak urang, gilo mambandiang-bandiangkan urang, baik jo elok badan diri, atau pun dikayo laki awak.
Kok tibo digadih mudo matah, nan panduduak ditapi jalan, nan panagun diateh janjang, nan pamegu dimuko pintu, bak ibarat kacang diabuih ciek, bak loncak labu dibanam, gadang tungkuih tak barisi, bak ibarat buluah bambu, batereh tampak kalua, tapi didalam kosoang sajo, karajo parampuan tak nan tahu, karajo batandang siang jo malam.
Kok tumbuah mandi ditapian, kecek mangecek lumak-lamik, mambincang-bincang rang sakampuang, mampakatokan urang sarumah, dibaiah antaro laki-bini, ataupun dalam koroang kampuang. Dio manjadi upeh racun, mangusuih alam nan salasai.
Malu jo sopan jauah sakali, duduak tagak karajo sumbang, baik didalam tingkah laku, atau dalam pi’il jo parangai, manyusah pandangan rang nan banyak. Suko bagaduah tangah rumah, suko bacakak jo rang kampuang, asuang siasah lah pakaian,dangki kianat lah parangai. Aka buruak pikiran salam, gilo dimabuak angan-angan.
Raso pareso tak bapakai, malu jo sopan jauah sakali, tasingguang urang kanai miyangnyo, takuncang urang kanai rabehnyo. Bak ibarat baolok-olok bagai kancah laweh arang, paham bak tabuang saruweh, capek kaki tapi panaruang, ringan tangan tapi pamacah.

3. Parampuan
Yang dimaksud parampuan menurut adat Minangkabau adalah seorang wanita, baik gadis ataupun telah menjadi ibu atau istri yang senantiasa mempunyai sifat terpuji menurut adat, yang dilengkapi dengan segala kecakapan dan pengetahuan sesuai dengan kemampuan seorang wanita.
Parampuan adalah seorang wanita yang baik budi pekerti nya, sopan tingkah lakunya, memakai sifat malu didalam dirinya, seperti kata adat : Adapun nan disabuik parampuan, tapakai taratik dengan sopan, mamakai baso jo basi, tahu di ereang dengan gendeang, makai raso jo pareso, manaruah malu dengan sopan, manjauhi sumbang jo salah. Muluik manih baso katuju, kato baik kucindan murah, baso baik gulo dibibia.
Pandai bagaua samo gadang, hormat kapado ibu-bapak, khidimat kapado urang tuo-tuo, mamakai malu samo gadang, labiah kapado pihak laki-laki. Takuik kapado Allah, manuruik parentah Rasul. Tahu dengan koroang dengan kampuang, tahu dirumah dengan tanggo, tahu manyuri mangulindan, takuik di budi katajua, malu dipaham ka tagadai. Manjahui sumbang jo salam, tahu dimungkin dengan patuik, malatak kan suatu di tampeknyo, tahu ditinggi randah, bayang-bayang sapanjang badan.
Bulieh ditiru dituladan, kasuri tuladan kain, kacupak tuladan batuan, maleleh buliah dipalik, manitiak buliah ditampuang, satitik buliah di lawiuikan, sakapa dapek digunuangkan, ijo dek urang di nagari.
Wanita demikian tepat memakai predikat bundo kanduang.



Waris di Dalam Adat Minangkabau
       Waris adalah bahasa Arab yaitu orang yang seharusnya menerima harta peninggalan dari seorang ayah, ibu, isteri dan sebagainya. Didalam adat Minangkabau waris itu adalah : soko turun-tamurun, pusako jawek-bajawek.
Maka menurut adat Minangkabau terdapat dua macam waris :
1. Warih batali darah (nasab),
2. Warih batali sabab (buatan).

      Warih menurut adat Minangkabau adalah orang atau kemenakan yang harus menerima harta pusaka peninggalan dari harta kaum, seperti sawah-ladang, banda buatan, pandam pakuburan, rumah tangga, hutan, tanah serta gelar pusako (soko).

1. Warih Batali Darah (Nasab)
Warih batali darah dalam adat Minangkabau adalah warih yang ditarik dari keturunan ibu, bukan dari tali bapak. Ketentuannya didalam adat disebutkan warih batali darah, yaitu urang nan punyo soko disokoi, pusako dipusakoi, jauah nan buliah ditunjuakkan, dakek nan buliah dikakokkan, nan sapayuang sapatagak, nan salingkuang cupak adat, dan terbagi dalam dua macam :
a. warih nan saluruh,
b. warih nan kabuliah.

Warih nan saluruh dan warih nan kabuliah ini disebut juga warih pangkek.

a. Warih Nan Saluruh ialah : Jauah nan buliah ditunjuakkan, ampiang nan buliah dikakokkan, saluruh ka ateh saluruh ka bawah, ampek ka ateh ampek ka bawah. Artinya seluruh anggota kemenakan, adik dan kakak, cucu, piwik, ciciek, ibu, mamak laki-laki dan perempuan dari satu lingkungan cupak adat, atau payuang yang satu dari soko (gelar pusako). Didalam adat disebut bertali darah dari tali ibu.
       Seluruh anggota kaum yang disebutkanlah yang berhak menerima warih, baik harta pusaka tinggi, sawah ladang, hutan, tanah, maupun gelar pusako (soko). Dan ini pula yang dimaksud oleh kato pusako manuruik adat batuang tumbuah di buku, karambia tumbuah di mato, tuneh tumbuah di tungguah, nan tumbuah bapanabangan, nan basasok bajurami, yang dijabat dan di pangku oleh salah seorang anggota yang laki-laki.
       Soko buliah disokoi, pusako dapek dipusakoi artinya : gelar pusaka dapat digantikan, dan harta pusaka tinggi dapat dipusakai. Anggota kaum yang laki-laki dari warih nan saluruh ini yang berhak menggantikan (mempusakai) gelar (soko) kaum tersebut. Dengan perkataan lain, yang dapat menjadi penghulu menggantikan gelar pusako tersebut.
       Seluruh pusako hutan, tanah, sawah, ladang, rumah tanggo, labuah tapian, pandam pakuburan dari lingkungan kaum atau soko tersebut, dipusakai atau diterima secara turun-temurun oleh anggota kaum laki-laki dan perempuan tanpa ada kecualinya, yang sifatnya menurut adat : bungka tak bakapiang, miyang tak babagi, sakutu tak babalah, hak bapunyo,ganggam bauntuak. Artinya seluruh peninggalan dari seorang penghulu dari harta pusaka yang kita sebutkan adalah hak milik dari anggota kaum tersebut yang sifatnya bersama. Dan harta yang beginilah yang tidak dapat dijual dan diberikan.

b. Warih Nan Kabuliah, artinya : pada mulanya warih nan kabuliah ini berasal dari warih nan saluruh juga. Tetapi karano alam bakalebaran, anak buah bakakambangan, maka salah seorang atau beberapa dari anggotanya ingin pindah ketempat lain (negeri lain) untuk meluaskan keturunan dan melanjutkannya.
      Dengan persetujuan bersama dari anggota kaum keinginan ini dikabulkan. Sesampai ditempat lain, anggota yang pindah ini menaruko sawah dan ladang, membuat rumah dan tanggo, membuat labuah jo tapian, mencari pandam pakuburan, sehingga akhirnya merupakan suatu kesatuan kaum yang jumlahnya besar pula.
     Untuk memimpin anggota kaum yang berpindah ini dengan kata mufakat didirikan pula gelar pusako (soko) yang gelarnya sama dengan gelar soko yang ditinggalkan di negeri pertama. Umpama Datuak Bandaro ditempat yang pertama, maka ditempat yang kedua atau selanjutnya didirikan gelar soko Datuak Bandaro dengan ketentuan yang sama pula, nama suku, nama kaum begitupun aturan adatnya. Maka kaum yang begini anggotanya disebut warih nan kabuliah, dari kaum asalnya, begitu secara timbal balik.
       Secara timbal-balik dapat menggantikan gelar pusako yang bersangkutan, begitupun tentang harta pusaka kapan diperlukan. Umpamanya punah, kaum yang pertama dapat  (boleh) menjemput anggota kaum di tempat yang kedua untuk menyambung keturunan dan selanjutnya untuk mendirikan soko, dan begitu pula sebaliknya. Untuk menghilangkan keragu-raguan dibelakang hari, dalam hal ini dilaksanakan fatwa adat : januah cinto mancinto, kok dakek jalang man jalang, supayo tali nan jan putuih, jajak nan jan lipuah, jauah nan buliah ditujuahkan, dakek nan buliah dikakokkan.  Dan akibatnya : Satitiak bapantang hilang, sabarieh nan tidak lupo, nan tak ragu karano banyak, nan tak lupo karano lamo. Harato jauah baulangi, harato dakek dikundanoi.
       Karena rasa kekeluargaan di dalam adat, apalagi satu keturunan, satu gelar pusako, satu ulayat pada mulanya, maka adat menganjurkan dilaksanakan “jalang-manjalang”, antara kaum yang bersangkutan secara timbal balik. Cara-cara yang seperti diatas didalam adat disebut panjang nan bakaratan, laweh nan basibiran, gadang nan bakabungan (babalahan) ke nagari lain.
       Mengenai harta pusaka diatur sendiri oleh adat, tidak dibenarkan untuk diindahkan kalau telah punah salah satu kaum yang bersangkutan, dengan ketentuan :  kabau mati kubangan tingga, raso malompek baluka tingga. Hanya dibolehkan jauah baulangi, dakek bakundanoiI, diurus langsung oleh kaum yang tinggal dengan melanjutkan keturunan, dengan jalan membawa gantinya yang baru dari dua kaum yang bersangkutan. Pada warih nan kabuliah ini berlaku pula apa yang berlaku tentang warih pada warih nan saluruh, yakni : soko dapek disokoi, pusako buliah dipusakoi, dan pelaksanaannya diatur sendiri oleh adat setempat (adat teradat).

2. Warih Batali Sabab
Warih batali sabab adalah karena ada sebab yang mengakibatkan menjadi waris dari suatu kaum. Ketentuan warih batali sabab didalam adat disebutkan : soko tak dapek disokoi, pusako buliah dipusakoi. Artinya gelar pusaka tinggi (soko) tidak dapat digantikan, tetapi harta pusaka tinggi, sawah ladang, hutan, tanah, rumah tanggo, pandam pakuburan, labuah tapian, dapat diterima atau dipusakai (diwarisi).
     Tetapi dalam mewarisi (mempusakai) menerima harta pusaka berlaku ketentuan tagantuang manuruik, aluah jo patuik, dan tidak terlepas dengan kata mufakat, tentang mewarisi harta pusaka tersebut.
Warih batali sabab ini terbagi atas tiga macam :
a. warih sabab batali adat,
b. warih sabab batali buek,
c. warih sabab batali budi.

a. Warih Sabab Batali Adat
Artinya suatu kaum dapat mewarisi (menerima) harta pusaka karena disebabkan bertali adat, yakni suatu kaum yang telah berlainan gelar soko-nya (gelar pusaka tinggi) dalam satu lingkungan kesatuan adat. Umpamanya dalam satu kampung ada tiga orang penghulu (tiga gelar soko) yang tiga penghulu ini mempunyai ulayat dan pusako masing-masing.
       Sudah pasti orang yang bertali adat ini harta pusakanya, hutan, tanah, pandam pekuburan berdekatan (sasupadan), yang disebut oleh adat harto penghulu salakuak, artinya berhimpun dalam satu area yang satu (salakuak), karena nenek-moyang orang dahulu menaruko sawah dan ladang, dan membuat banda sawah, seluruhnya dikerjakan secara bersama. Tali adat ini mempunyai kesatuan hukum yang diikat oleh seraso, semalu, seadat, sekoroang-sekampuang, selabuah-setapian.
       Maka dari itu tiga kelompok kaum yang dikepalai masing-masing oleh tiga orang penghulu (gelar soko), pada hakekatnya diikat oleh satu kesatuan dan kekerabatan, disebabkan hukum, rasa, malu, dan adat. Dan setiap pekerjaan dilaksanakan secara bersama-sama, dengan ungkapan barek samo dipikuah, ringan samo dijinjiang. Oleh sebab itu didalam hukum adat Minangkabau tentang waris, diantara tiga penghulu (soko) dapat bertimbang punah. Umpamanya kalau Datuak “A” telah punah, harta pusaka dengan sendirinya dapat dipusakai oleh Datuak “B” dan seterusnya, sesuai dengan tali adat pada mulanya, mana yang lebih dekat, yang disebut didalam adat nan bajari, nan batampok, nan baeto, nan badapo. Dan inilah yang dimaksud dengan manuruik aluah patuik.
        Apa saja yang akan dilaksanakan didalam kaum yang tiga orang penghulu ini senantiasa dimufakati dan dimusyawarahkan, baik tentang mengerjakan sawah dan ladang, berhelat, berkenduri, karena diikat oleh sabarek saringan, sahino samalu, sakoroang sakampuang, salabuah satapian, saadat salimbago. Dan kalau terjadi pegang gadai haruslah dilaksanakan dalam lingkungan penghulu yang tiga ini. Diusahakan agar jangan berpindah pegang gadai ke suku lain, karena adat dibidang harta pusaka menentukan harato salingka suku, adat salingka nagari, yang dilaksanakan secara bajanjang naiek, batanggo turun. Maksud nya ialah agar harta pusaka dari ulayat kesatuan koroang kampuang tersebut tidak berpindah ketempat atau ke suku lain, dalam rangka menjaga kesatuan dan keutuhan teritorial ulayat dari setiap penghulu yang bersangkutan.
        Kendatipun demikian, tentang gelar pusako (soko) tidak dapat waris-mewarisi. Dari hal ini kita dapat berkesimpulan bahwa soko (gelar pusako tinggi) tidak dapat berpindah dari kaum semula kepada kaum yang lain, dan bahwa soal soko merupakan persoalan yang sangat diutamakan didalam adat, yang merupakan lambang kesatuan dari satu kaum didalam adat.
        Sedangkan harta pusaka yang merupakan teritorial diolah bersama secara timbal balik dengan jalan barek samo dipikuah, ringan samo dijinjiang, maka dapat diterima oleh lingkungan kaum yang dalam kesatuan tersebut, karena merupakan hak milik bersama yang telah diberikan oleh masing-masing penghulu untuk memilikinya dan menguasainya, yakni hak bapunyo, ganggam bauntuak.

b. Warih Batali Buek
      Warih batali buek didalam adat adalah yang dibuat bersama dalam satu lingkungan suku bersama-sama dengan kata mufakat, untuk menjadikan seseorang memiliki dan mewarisi harta pusaka dari seorang penghulu. Umpamanya anak dari seorang penghulu dalam satu pesukuan dikampung lain, karena penghulu ini telah pernah tidak ada keturunan lagi, sedang harta pusaka banyak. Dia ingin menurunkan harta pusaka ini kepada anaknya dengan jalan menjadikan anaknya itu kemenakan sepanjang adat dan disepakati oleh ninik-mamak yang lain, maka anak tersebut menjadi warih batali buek.
      Dan juga terjadi kepada orang lain yang bukan anak, dan bukan kemenakan sekampung, sepesukuan. Karena sangat besar jasanya kepada penghulu yang bersangkutan, dia ingin menjadikan orang ini kemenakan sepanjang adat, dengan memberi hak kepada harta pusakanya, dan ternyata penghulu ini telah habis keturunannya (punah), setelah dapat kata sepakat dengan penghulu-penghulu dalam sauku tersebut, maka orang yang diberi dan menerima harta pusaka tersebut disebut warih batali buek.
      Hal demikian disebut dalam adat, manitiak baru ditampuang, maleleh baru dipaliak, tagantuang ateh kato mufakat, baru dia syah menjadi warih batali buek.

c. Warih Batali Budi
      Seseorang yang pada mulanya tidak ada sangkut-paut, baik tentang jasa maupun kekeluargaan datang kepada seorang penghulu. Dan dengan kata sepakat, orang yang datang ini diambil menjadi kemenakan, dan setelah penghulu ini meninggal, maka hartanya diterima oleh orang yang datang ini. Maka yang seperti ini disebut warih batali budi. Sangkut-pautnya dengan seorang penghulu bukan karena adat, bukan karena suku, bukan karena anak, tetapi karena budi.
Ketiga macam warih batali sabab yang telah kita sebutkan diatas, didalam hukum adat hanya dapat dipusakai (mewarisi) harta pusaka tinggi, hal ini bisa terjadi kalau seseorang penghulu telah punah. Dan pelaksanaannya selalu dengan kata mufakat dengan penghulu-penghulu yang bertali adat dalam pesukuan bersangkutan.
      Tidak dibolehkan oleh hukum adat Minangkabau, warih batali sabab yang tiga macam ini menerima (mewarisi) gelar pusaka tinggi (soko) seperti kata pepatah adat : soko tatap, pusako baranjak.
Soko tatap dalam lingkungan cupak adat (warih batali darah menurut adat), dan harta pusaka boleh baranjak (berpindah) kepada warih batali sabab yang tiga macam tadi. Tetapi seluruhnya dilaksanakan dengan kata mufakat, dan terjadinya biasa pada orang yang telah punah.
Ketentuan-ketentuan adat dalam bidang soko jo pusako perlu ditaati oleh penghulu-penghulu dalam nagari di Minangkabau, karena tidak kurang menimbulkan sengketa yang ruwet dan rumit untuk menyelesaikannya. Tetapi kalau secara sungguh-sungguh dituruti ketentuan hukum adat tidaklah menimbulkan sengketa, karena karena hukum mananti, sengketa mandatang.
     Karena ketentuan yang telah ada tidak akan bersengketa kalau ditaati dan dituruti secara jujur dan konsekwen, manuruik aluah nan luruih.

Pusako
      Sebagaimana telah diterangkan pusako adalah harta pusaka tinggi seperti sawah-ladang, banda buatan, labuah tapian, rumah tanggo, pandam pakuburan, hutan tanah yang belum diolah.
Ulayat adalah wilayah sebagai teritorial dari kekuasaan seorang penghulu atau pemimpin (kepala adat atau kaum) didalam adat Minangkabau. Diatas tanah tersebutlah berkembangnya rakyat yang terdiri atas anak-kemanakan penghulu yang bersangkutan, dan tempat mencari hidup dan kehidupan. Dan diatas tanah pusaka itulah adanya daerah suku seorang penghulu berkembang dan bertempat tinggal.
      Harta pusaka ialah merupakan amanah yang diterima dari orang-orang tua dan nenek-moyang yang harus dijaga dan diteruskan kepada generasi selanjutnya sesuai dengan ketentuan hukum adat yang berlaku. Untuk itu adat memberikan ketentuan dengan hukum tanah pusaka (ulayat tersebut).
            Manah jan pupuih,
            Bangso jan hilang,
            Suku jan baranjak,
            Jua indak dimakan bali,
            Sando indak dimakan gadai.
Maksud pepatah diatas, penghulu-penghulu bersangkutan haruslah berusaha sejauh mungkin agar tidak menggadaikan, apalagi memjual atau memberikan kepada orang lain harta pusakanya (ulayatnya). Karena hal yang demikian akan mengakibatkan hilangnya manah dari orangtua, beranjak (berpindah) suku ke suku lain. Seorang pemimpin harus mempertahankan hak ulayatnya (wilayahnya) yang merupakan daerah kekuasaan itu jangan berpindah ke suku lain (ke bangsa lain).
      Karena berpindah suku akan menghilangkan nama bangsa, dan hilangnya manah dari orangtua dengan berpindahnya hak milik itu kepada orang lain.. Akibatnya anak-kemanakan akan kehilangan daerah tempat dia diam dan berkembang. Tempat dia bersawah-ladang, berumah tangga dan berkubur.

Jual beli
       Istilah jual beli dalam adat Minangkabau “tidak dikenal” sama sekali tentang harta pusaka tinggi, karena mengakibatkan apa yang telah dijelaskan diatas. Itulah yang disebut dalam adat jua indak dimakan tali, sando indak dimakan gadai. Kalau kita temui didalam adat Minangkabau jual beli seperti jua bapalalu, gadai bapamacik jual disini bertujuan kepada pusaka rendah, yang telah diperdapat kemudian dengan jalan dibeli, dibuat sendiri, artinya diperdapat dengan tambilang ameh, tambilan basi, oleh bapak atau oleh mamak.
      Menjual harta pusaka tinggi akan mengakibatkan habisnya ulayat berpindah ketempat atau ke suku atau bangsa lain, dan hilangnya daerah atau wilayah tempat anak-kemenakan hidup dan berkehidupan, yang seharusnya dipertahankan dengan segala daya dan upaya para penghulu atau pemimpin.
Ketentuan ini akan berlaku pula terhadap ulayat suku atau ulayat nagari, jangan sampai berpindah ke daerah lain, karena akan mengakibatkan hilangnya daerah dari suatu nagari. Dan mungkin lama kelamaan, kalau jual ini berlaku, akan menghilangkan nama nagari itu sendiri, karena semua daerah ulayat telah berpindah ke nagari lain. Nagari yang bersangkutan akan merupakan daerah ekspansi nagari lain, rakyat akan kehilangan daerah tempat mereka hidup dan mencari kehidupan seperti bersawah dan berladang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar