Pembagian Wanita
Menurut Adat Minangkabau
Mengingat pentingnya peranan yang dipegang oleh
wanita di dalam dan diluar rumah tangga, maka menurut adat Minangkabau wanita
dapat digolongkan kedalam tiga macam.
Kalau syarak mangato adat mamakai, maka syarak mengatakan wanita itu
tiang maka syarak mengatakan wanita itu tiang nagari atau negara; bilamana baik wanita, baik nagari atau negara;
dan jika rusak wanita, rusaklah nagari
atau negara. Maka secara tajam adat
membedakan tiga golongan wanita tersebut, yakni :
a. banamo simarewan,
b. banamo mambang tali awan,
c. banamo parampuan.
1. Simarewan
Oleh adat ialah: Bapaham bagi galah caia, iko elok etan
katuju, bak cando pimpiang dilereang, nan bak santano pucuak aru, kamano angin
inyo kakiun, alun dijujainyo lah galak, alun diimbau inyolah datang, nan bak
balam talampau jinak, sifat bak lipeh tapanggang, umpamo caciang kapanasan. Nan
pancaliak bayang-bayang, nan panagak ditapi labuah, lain geleang panokok asiang kucundang sapih. Tagisia labiah bak
kanai, tasingguang, labiah bak jadi.
Kok tumbuah baguah jo laki-laki, banyak galak dari kecek, banyak
kucikak jo kucindan, malu jo sopan tak bapakai, erang jo gendeang tak baguno.
Bak umpamo katidiang tangga bingkai, bak ibarat payuang tabukak kasau.
Elok baso tak manantu, kecek bak caro mambuka bulua, suko bakato-kato
cabuah, mamakai sifat sio-sio, tabiat caba di pakaian, duduak jo tagak nan
sopan, katonyo banyak kanan, bukan rundiang banyak bakucikak, galak ibarat
gunuang runtuah, tapuang jo sadah tak babeso, baiak dimoko sanak famili,
ataupun dimuko urang lain, indak barundiang jo timbangan.
Rundiang nan tidak bapalabeh, taruah bana bak ka tidiang, taserak bana
bak anjalai, manyingguang puncak bisuah urang, manjujuang balacan dikapalo,
mangali-ngali najih di lubang, hati busuak pikiran hariang, muluik kasa kecek
mang gadang, hati diateh langih biru. Ibu-bapak tak babeso, niniak jo mamak tak
nan tahu, urang dipandang sarok sajo, nan tuo tidak bahormati, nan ketek nan
tidak bakasihi.
Koroang kampuang tak nan jaleh, adat indak baisi, limbago indak
batuang, imbau nan indak basahuti, panggilan nan tidak baturuti, urang basutan
dihatinyo, urang barajo dimatonyo. Durhaka kapado ibu-bapak, labiah kapado rang
tuo-tuo. Artinya wanita yang jauh dari kesopanan dalam setiap tingkah laku.
2. Mambang
Tali Awan
Yang dimaksud oleh adat
Minangkabau wanita yang disebut mambang tali awan, iyolah tinggi hati. Kalau mangecek samo gadang, atau barundiang kek nan
rami, sagalo labiah dari urang, tasambia juo bapak si buyuang, basabuik juo
bapak si upiak, nan sagalo labiah dari urang, baiak tantang pambalinyo, atau
tantang kasiah sayangnyo.
Siang jo malam jarang dirumah, naiak rumah turun rumah, etan karumah
tanggo lain, suko mangecek jo maota, tantang baiak buruak urang, gilo mambandiang-bandiangkan
urang, baik jo elok badan diri, atau pun dikayo laki awak.
Kok tibo digadih mudo matah, nan panduduak ditapi jalan, nan panagun
diateh janjang, nan pamegu dimuko pintu, bak ibarat kacang diabuih ciek, bak
loncak labu dibanam, gadang tungkuih tak barisi, bak ibarat buluah bambu,
batereh tampak kalua, tapi didalam kosoang sajo, karajo parampuan tak nan tahu,
karajo batandang siang jo malam.
Kok tumbuah mandi ditapian, kecek mangecek lumak-lamik,
mambincang-bincang rang sakampuang, mampakatokan urang sarumah, dibaiah antaro
laki-bini, ataupun dalam koroang kampuang. Dio manjadi upeh racun, mangusuih
alam nan salasai.
Malu jo sopan jauah sakali, duduak tagak karajo sumbang, baik didalam
tingkah laku, atau dalam pi’il jo parangai, manyusah pandangan rang nan banyak.
Suko bagaduah tangah rumah, suko bacakak jo rang kampuang, asuang siasah lah
pakaian,dangki kianat lah parangai. Aka buruak pikiran salam, gilo dimabuak
angan-angan.
Raso pareso tak bapakai, malu jo sopan jauah sakali, tasingguang urang
kanai miyangnyo, takuncang urang kanai rabehnyo. Bak ibarat baolok-olok bagai
kancah laweh arang, paham bak tabuang saruweh, capek kaki tapi panaruang,
ringan tangan tapi pamacah.
3. Parampuan
Yang dimaksud parampuan menurut adat Minangkabau
adalah seorang wanita, baik gadis ataupun telah menjadi ibu atau istri yang
senantiasa mempunyai sifat terpuji menurut adat, yang dilengkapi dengan segala
kecakapan dan pengetahuan sesuai dengan kemampuan seorang wanita.
Parampuan adalah seorang wanita yang baik budi pekerti nya, sopan
tingkah lakunya, memakai sifat malu didalam dirinya, seperti kata adat : Adapun nan disabuik parampuan, tapakai
taratik dengan sopan, mamakai baso jo basi, tahu di ereang dengan gendeang,
makai raso jo pareso, manaruah malu dengan sopan, manjauhi sumbang jo salah.
Muluik manih baso katuju, kato baik kucindan murah, baso baik gulo dibibia.
Pandai bagaua samo gadang, hormat kapado ibu-bapak, khidimat kapado
urang tuo-tuo, mamakai malu samo gadang, labiah kapado pihak laki-laki. Takuik
kapado Allah, manuruik parentah Rasul. Tahu dengan koroang dengan kampuang,
tahu dirumah dengan tanggo, tahu manyuri mangulindan, takuik di budi katajua,
malu dipaham ka tagadai. Manjahui sumbang jo salam, tahu dimungkin dengan
patuik, malatak kan suatu di tampeknyo, tahu ditinggi randah, bayang-bayang
sapanjang badan.
Bulieh ditiru dituladan, kasuri tuladan kain, kacupak tuladan batuan,
maleleh buliah dipalik, manitiak buliah ditampuang, satitik buliah di
lawiuikan, sakapa dapek digunuangkan, ijo dek urang di nagari.
Wanita demikian tepat memakai predikat bundo kanduang.
Waris
di Dalam Adat Minangkabau
Waris adalah
bahasa Arab yaitu orang yang seharusnya menerima harta peninggalan dari seorang
ayah, ibu, isteri dan sebagainya. Didalam adat Minangkabau waris itu adalah : soko turun-tamurun, pusako jawek-bajawek.
Maka menurut
adat Minangkabau terdapat dua macam waris :
1. Warih
batali darah (nasab),
2. Warih
batali sabab (buatan).
Warih menurut adat Minangkabau adalah orang atau kemenakan yang harus menerima harta pusaka peninggalan dari harta kaum, seperti sawah-ladang, banda buatan, pandam pakuburan, rumah tangga, hutan, tanah serta gelar pusako (soko).
1. Warih Batali Darah (Nasab)
Warih batali darah dalam adat Minangkabau adalah warih yang ditarik
dari keturunan ibu, bukan dari tali
bapak. Ketentuannya didalam adat disebutkan warih
batali darah, yaitu urang nan punyo
soko disokoi, pusako dipusakoi, jauah nan buliah ditunjuakkan, dakek nan buliah
dikakokkan, nan sapayuang sapatagak, nan salingkuang cupak adat, dan
terbagi dalam dua macam :
a. warih nan saluruh,
b. warih nan kabuliah.
Warih nan saluruh dan warih nan kabuliah ini
disebut juga warih pangkek.
a. Warih Nan Saluruh ialah : Jauah nan buliah ditunjuakkan, ampiang nan buliah dikakokkan, saluruh ka ateh saluruh ka bawah, ampek ka ateh ampek ka bawah. Artinya seluruh anggota kemenakan, adik dan kakak, cucu, piwik, ciciek, ibu, mamak laki-laki dan perempuan dari satu lingkungan cupak adat, atau payuang yang satu dari soko (gelar pusako). Didalam adat disebut bertali darah dari tali ibu.
Seluruh anggota kaum yang disebutkanlah yang berhak menerima warih,
baik harta pusaka tinggi, sawah ladang, hutan, tanah, maupun gelar pusako (soko). Dan ini pula yang
dimaksud oleh kato pusako manuruik adat
batuang tumbuah di buku, karambia tumbuah di mato, tuneh tumbuah di tungguah,
nan tumbuah bapanabangan, nan basasok bajurami, yang dijabat dan di pangku
oleh salah seorang anggota yang laki-laki.
Soko buliah disokoi, pusako dapek
dipusakoi artinya : gelar pusaka dapat digantikan, dan harta pusaka tinggi
dapat dipusakai. Anggota kaum yang laki-laki dari warih nan saluruh ini yang berhak menggantikan (mempusakai) gelar
(soko) kaum tersebut. Dengan perkataan lain, yang dapat menjadi penghulu
menggantikan gelar pusako tersebut.
Seluruh pusako hutan, tanah,
sawah, ladang, rumah tanggo, labuah
tapian, pandam pakuburan dari lingkungan kaum atau soko tersebut, dipusakai atau diterima secara turun-temurun oleh
anggota kaum laki-laki dan perempuan tanpa ada kecualinya, yang sifatnya
menurut adat : bungka tak bakapiang,
miyang tak babagi, sakutu tak babalah, hak bapunyo,ganggam bauntuak.
Artinya seluruh peninggalan dari seorang penghulu dari harta pusaka yang kita
sebutkan adalah hak milik dari anggota kaum tersebut yang sifatnya bersama. Dan
harta yang beginilah yang tidak dapat dijual dan diberikan.
b. Warih Nan Kabuliah, artinya : pada mulanya warih nan kabuliah ini berasal dari warih nan saluruh juga. Tetapi karano alam bakalebaran, anak buah bakakambangan, maka salah seorang atau beberapa dari anggotanya ingin pindah ketempat lain (negeri lain) untuk meluaskan keturunan dan melanjutkannya.
Dengan persetujuan bersama dari anggota kaum keinginan ini dikabulkan.
Sesampai ditempat lain, anggota yang pindah ini menaruko sawah dan ladang, membuat rumah dan tanggo, membuat labuah
jo tapian, mencari pandam pakuburan,
sehingga akhirnya merupakan suatu kesatuan kaum yang jumlahnya besar pula.
Untuk memimpin anggota kaum yang berpindah ini dengan
kata mufakat didirikan pula gelar pusako
(soko) yang gelarnya sama dengan gelar soko
yang ditinggalkan di negeri pertama. Umpama Datuak
Bandaro ditempat yang pertama, maka ditempat yang kedua atau selanjutnya
didirikan gelar soko Datuak Bandaro
dengan ketentuan yang sama pula, nama suku, nama kaum begitupun aturan adatnya. Maka kaum yang begini anggotanya disebut warih nan kabuliah, dari kaum asalnya,
begitu secara timbal balik.
Secara timbal-balik dapat menggantikan gelar pusako
yang bersangkutan, begitupun tentang harta pusaka kapan diperlukan. Umpamanya
punah, kaum yang pertama dapat (boleh)
menjemput anggota kaum di tempat yang kedua untuk menyambung keturunan dan
selanjutnya untuk mendirikan soko,
dan begitu pula sebaliknya. Untuk menghilangkan keragu-raguan dibelakang hari,
dalam hal ini dilaksanakan fatwa adat : januah
cinto mancinto, kok dakek jalang man jalang, supayo tali nan jan putuih, jajak
nan jan lipuah, jauah nan buliah ditujuahkan, dakek nan buliah dikakokkan. Dan
akibatnya : Satitiak bapantang hilang,
sabarieh nan tidak lupo, nan tak ragu karano banyak, nan tak lupo karano lamo.
Harato jauah baulangi, harato dakek dikundanoi.
Karena rasa kekeluargaan di dalam adat, apalagi satu
keturunan, satu gelar pusako, satu
ulayat pada mulanya, maka adat menganjurkan dilaksanakan “jalang-manjalang”, antara kaum yang bersangkutan secara timbal
balik. Cara-cara yang seperti diatas didalam adat disebut panjang nan bakaratan, laweh nan basibiran,
gadang nan bakabungan (babalahan) ke
nagari lain.
Mengenai harta pusaka diatur sendiri oleh adat, tidak
dibenarkan untuk diindahkan kalau telah punah salah satu kaum yang
bersangkutan, dengan ketentuan : kabau mati kubangan tingga, raso malompek
baluka tingga. Hanya dibolehkan jauah
baulangi, dakek bakundanoiI, diurus langsung oleh kaum yang tinggal dengan
melanjutkan keturunan, dengan jalan membawa gantinya yang baru dari dua kaum
yang bersangkutan. Pada warih nan
kabuliah ini berlaku pula apa yang berlaku tentang warih pada warih nan saluruh,
yakni : soko dapek disokoi, pusako buliah
dipusakoi, dan pelaksanaannya diatur sendiri oleh adat setempat (adat
teradat).
2. Warih Batali Sabab
Warih batali
sabab adalah karena ada sebab yang mengakibatkan menjadi waris dari suatu
kaum. Ketentuan warih batali sabab
didalam adat disebutkan : soko tak dapek
disokoi, pusako buliah dipusakoi. Artinya gelar pusaka tinggi (soko) tidak
dapat digantikan, tetapi harta pusaka tinggi, sawah ladang, hutan, tanah, rumah tanggo, pandam pakuburan, labuah
tapian, dapat diterima atau dipusakai (diwarisi).
Tetapi dalam
mewarisi (mempusakai) menerima harta pusaka berlaku ketentuan tagantuang
manuruik, aluah jo patuik, dan tidak terlepas dengan kata mufakat, tentang
mewarisi harta pusaka tersebut.
Warih batali
sabab ini terbagi atas tiga macam :
a. warih sabab batali adat,
b. warih sabab batali buek,
c. warih sabab batali budi.
a. Warih Sabab Batali
Adat
Artinya suatu kaum dapat mewarisi (menerima) harta pusaka
karena disebabkan bertali adat, yakni suatu kaum yang telah berlainan gelar soko-nya (gelar pusaka tinggi) dalam
satu lingkungan kesatuan adat. Umpamanya dalam satu kampung ada tiga orang
penghulu (tiga gelar soko) yang tiga
penghulu ini mempunyai ulayat dan pusako
masing-masing.
Sudah pasti orang yang bertali adat ini harta pusakanya,
hutan, tanah, pandam pekuburan berdekatan (sasupadan), yang disebut oleh adat harto penghulu salakuak, artinya
berhimpun dalam satu area yang satu (salakuak), karena nenek-moyang orang
dahulu menaruko sawah dan ladang, dan
membuat banda sawah, seluruhnya dikerjakan secara bersama. Tali adat ini
mempunyai kesatuan hukum yang diikat oleh seraso,
semalu, seadat, sekoroang-sekampuang, selabuah-setapian.
Maka dari itu tiga kelompok kaum yang dikepalai masing-masing
oleh tiga orang penghulu (gelar soko), pada hakekatnya diikat oleh satu
kesatuan dan kekerabatan, disebabkan hukum, rasa, malu, dan adat. Dan setiap
pekerjaan dilaksanakan secara bersama-sama, dengan ungkapan barek samo dipikuah, ringan samo dijinjiang.
Oleh sebab itu didalam hukum adat Minangkabau tentang waris, diantara tiga
penghulu (soko) dapat bertimbang punah.
Umpamanya kalau Datuak “A” telah punah, harta pusaka dengan sendirinya dapat
dipusakai oleh Datuak “B” dan seterusnya, sesuai dengan tali adat pada mulanya,
mana yang lebih dekat, yang disebut didalam adat nan bajari, nan batampok, nan baeto, nan badapo. Dan inilah yang
dimaksud dengan manuruik aluah patuik.
Apa saja yang akan dilaksanakan didalam kaum yang tiga orang
penghulu ini senantiasa dimufakati dan dimusyawarahkan, baik tentang
mengerjakan sawah dan ladang, berhelat, berkenduri, karena diikat oleh sabarek saringan, sahino samalu, sakoroang
sakampuang, salabuah satapian, saadat salimbago. Dan kalau terjadi pegang
gadai haruslah dilaksanakan dalam lingkungan penghulu yang tiga ini. Diusahakan
agar jangan berpindah pegang gadai ke suku lain, karena adat dibidang harta
pusaka menentukan harato salingka suku,
adat salingka nagari, yang dilaksanakan secara bajanjang naiek, batanggo turun. Maksud nya ialah agar harta pusaka
dari ulayat kesatuan koroang kampuang
tersebut tidak berpindah ketempat atau ke suku lain, dalam rangka menjaga
kesatuan dan keutuhan teritorial ulayat dari setiap penghulu yang bersangkutan.
Kendatipun demikian, tentang gelar pusako (soko) tidak dapat waris-mewarisi. Dari hal ini kita
dapat berkesimpulan bahwa soko (gelar
pusako tinggi) tidak dapat berpindah dari kaum semula kepada kaum yang lain,
dan bahwa soal soko merupakan
persoalan yang sangat diutamakan didalam adat, yang merupakan lambang kesatuan
dari satu kaum didalam adat.
Sedangkan harta pusaka yang merupakan teritorial diolah
bersama secara timbal balik dengan jalan barek
samo dipikuah, ringan samo dijinjiang, maka dapat diterima oleh lingkungan
kaum yang dalam kesatuan tersebut, karena merupakan hak milik bersama yang
telah diberikan oleh masing-masing penghulu untuk memilikinya dan menguasainya,
yakni hak bapunyo, ganggam bauntuak.
b. Warih Batali Buek
Warih batali buek didalam adat adalah
yang dibuat bersama dalam satu lingkungan suku bersama-sama dengan kata
mufakat, untuk menjadikan seseorang memiliki dan mewarisi harta pusaka dari
seorang penghulu. Umpamanya anak dari seorang penghulu dalam satu pesukuan
dikampung lain, karena penghulu ini telah pernah tidak ada keturunan lagi,
sedang harta pusaka banyak. Dia ingin menurunkan harta pusaka ini kepada
anaknya dengan jalan menjadikan anaknya itu kemenakan sepanjang adat dan
disepakati oleh ninik-mamak yang lain, maka anak tersebut menjadi warih batali buek.
Dan juga terjadi kepada orang lain
yang bukan anak, dan bukan kemenakan sekampung, sepesukuan. Karena sangat besar
jasanya kepada penghulu yang bersangkutan, dia ingin menjadikan orang ini
kemenakan sepanjang adat, dengan memberi hak kepada harta pusakanya, dan
ternyata penghulu ini telah habis keturunannya (punah), setelah dapat kata
sepakat dengan penghulu-penghulu dalam sauku tersebut, maka orang yang diberi
dan menerima harta pusaka tersebut disebut warih
batali buek.
Hal demikian
disebut dalam adat, manitiak baru
ditampuang, maleleh baru dipaliak, tagantuang ateh kato mufakat, baru dia
syah menjadi warih batali buek.
c. Warih Batali Budi
Seseorang yang
pada mulanya tidak ada sangkut-paut, baik tentang jasa maupun kekeluargaan
datang kepada seorang penghulu. Dan dengan kata sepakat, orang yang datang ini
diambil menjadi kemenakan, dan setelah penghulu ini meninggal, maka hartanya
diterima oleh orang yang datang ini. Maka yang seperti ini disebut warih batali budi. Sangkut-pautnya
dengan seorang penghulu bukan karena adat, bukan karena suku, bukan karena
anak, tetapi karena budi.
Ketiga
macam warih batali sabab yang telah
kita sebutkan diatas, didalam hukum adat hanya dapat dipusakai (mewarisi) harta
pusaka tinggi, hal ini bisa terjadi kalau seseorang penghulu telah punah. Dan
pelaksanaannya selalu dengan kata mufakat dengan penghulu-penghulu yang bertali
adat dalam pesukuan bersangkutan.
Tidak
dibolehkan oleh hukum adat Minangkabau, warih
batali sabab yang tiga macam ini menerima (mewarisi) gelar pusaka tinggi
(soko) seperti kata pepatah adat : soko
tatap, pusako baranjak.
Soko tatap dalam lingkungan cupak adat (warih
batali darah menurut adat), dan harta pusaka boleh baranjak (berpindah) kepada warih
batali sabab yang tiga macam tadi. Tetapi seluruhnya dilaksanakan dengan
kata mufakat, dan terjadinya biasa pada orang yang telah punah.
Ketentuan-ketentuan adat dalam bidang soko jo pusako perlu ditaati oleh
penghulu-penghulu dalam nagari di Minangkabau, karena tidak kurang menimbulkan
sengketa yang ruwet dan rumit untuk menyelesaikannya. Tetapi kalau secara
sungguh-sungguh dituruti ketentuan hukum adat tidaklah menimbulkan sengketa,
karena karena hukum mananti, sengketa
mandatang.
Karena ketentuan yang telah ada tidak akan
bersengketa kalau ditaati dan dituruti secara jujur dan konsekwen, manuruik aluah nan luruih.
Pusako
Sebagaimana telah diterangkan pusako
adalah harta pusaka tinggi seperti sawah-ladang, banda buatan, labuah tapian, rumah tanggo, pandam pakuburan, hutan
tanah yang belum diolah.
Ulayat adalah wilayah
sebagai teritorial dari kekuasaan seorang penghulu atau pemimpin (kepala adat
atau kaum) didalam adat Minangkabau. Diatas tanah tersebutlah berkembangnya
rakyat yang terdiri atas anak-kemanakan penghulu yang bersangkutan, dan tempat
mencari hidup dan kehidupan. Dan diatas tanah pusaka itulah adanya daerah suku
seorang penghulu berkembang dan bertempat tinggal.
Harta pusaka ialah merupakan amanah yang diterima dari
orang-orang tua dan nenek-moyang yang harus dijaga dan diteruskan kepada
generasi selanjutnya sesuai dengan ketentuan hukum adat yang berlaku. Untuk itu
adat memberikan ketentuan dengan hukum tanah pusaka (ulayat tersebut).
Manah jan pupuih,
Bangso jan hilang,
Suku jan baranjak,
Jua indak dimakan bali,
Sando indak dimakan gadai.
Maksud pepatah diatas, penghulu-penghulu bersangkutan
haruslah berusaha sejauh mungkin agar tidak menggadaikan, apalagi memjual atau
memberikan kepada orang lain harta pusakanya (ulayatnya). Karena hal yang
demikian akan mengakibatkan hilangnya manah
dari orangtua, beranjak (berpindah) suku ke suku lain. Seorang pemimpin harus
mempertahankan hak ulayatnya (wilayahnya) yang merupakan daerah kekuasaan itu
jangan berpindah ke suku lain (ke bangsa lain).
Karena berpindah suku akan menghilangkan nama bangsa, dan
hilangnya manah dari orangtua dengan
berpindahnya hak milik itu kepada orang lain.. Akibatnya anak-kemanakan akan
kehilangan daerah tempat dia diam dan berkembang. Tempat dia bersawah-ladang,
berumah tangga dan berkubur.
Jual beli
Istilah
jual beli dalam adat Minangkabau “tidak dikenal” sama sekali tentang harta
pusaka tinggi, karena mengakibatkan apa yang telah dijelaskan diatas. Itulah
yang disebut dalam adat jua indak dimakan
tali, sando indak dimakan gadai. Kalau kita temui didalam adat Minangkabau
jual beli seperti jua bapalalu, gadai
bapamacik jual disini bertujuan kepada pusaka rendah, yang telah diperdapat
kemudian dengan jalan dibeli, dibuat sendiri, artinya diperdapat dengan tambilang ameh, tambilan basi, oleh
bapak atau oleh mamak.
Menjual harta pusaka tinggi akan mengakibatkan habisnya
ulayat berpindah ketempat atau ke suku atau bangsa lain, dan hilangnya daerah
atau wilayah tempat anak-kemenakan hidup dan berkehidupan, yang seharusnya
dipertahankan dengan segala daya dan upaya para penghulu atau pemimpin.
Ketentuan ini akan
berlaku pula terhadap ulayat suku atau ulayat nagari, jangan sampai berpindah ke daerah lain, karena akan
mengakibatkan hilangnya daerah dari suatu nagari. Dan mungkin lama kelamaan,
kalau jual ini berlaku, akan menghilangkan nama nagari itu sendiri, karena
semua daerah ulayat telah berpindah ke nagari lain. Nagari yang bersangkutan
akan merupakan daerah ekspansi nagari lain, rakyat akan kehilangan daerah
tempat mereka hidup dan mencari kehidupan seperti bersawah dan berladang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar